14 Juli 2008

artikel 8 (Universitas Islam Sultan Agung Semarang)

Peningkatan Daya Saing Toko Kelontong
Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif Dalam Menghadapi
Persaingan Retail Modern

Ali Mustofa, Ari Nurhayati, Ermawati

Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sultan Agung Semarang

ABSTRAK
Semakin pesatnya pertumbuhan ritel modern di Indonesia tidak sebanding dengan pertumbuhan ritel tradisional hal ini menyebabkan terjadinya penurunan omset terhadap toko kelontong. Ketidakseimbangan kemampuan modal serta manajemen pengelolaan usaha diantara keduanya memicu persaingan yang tidak sehat. Karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui : dampak keberadaan minimarket terhadap eksistensi toko kelontong, strategi yang efektif bagi toko kelontong, mengetahui keunggulan dan kelemahan masing-masing ritel serta mengetahui peran dan kebijakan pemerintah daerah setempat. Berbagai upaya harus dilakukan untuk peningkatan daya saing toko kelontong agar mampu bersaing dengan minimarket modern. Toko kelontong harus dapat meng-upgrade manajemen pengelolaan toko dan operasionalnya sehingga dapat merumuskan strategi yang efektif untuk dapat bersaing dengan minimarket. Pengelola toko kelontong harus mempunyai pengetahuan mengenai profil pasar, pemilihan produk yang tepat, layanan, penetapan harga, promosi, ataupun menerapan strategi dalam empat bidang manajemen yaitu : pemasaran, operasional, sumber daya manusia, dan keuangan sebagaimana pola yang diterapkan pada manajemen minimarket.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif, dan pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, pertama dengan studi literature yaitu informasi dalam bentuk fakta, bukti-bukti atau pendapat-pendapat yang diperoleh dari bahan pustaka. Meliputi, data tentang PerPres 112/2007, data mengenai ritel modern dan tradisional, serta artikel-artikel tentang keberdaaan ritel modern terhadap ritel tradisional. Kedua,observasi yaitu informasi yang didapatkan dari hasil interview secara mendalam terhadap objek yang dituju yaitu pemilik toko kelontong, pihak minimarket, serta konsumen toko kelontong dan minimarket.
Kesimpulan karya tulis ini adalah, kemunculan minimarket berdampak secara langsung pada usaha toko kelontong. Adanya kecenderungan pergeseran pola berbelanja konsumen yang mulanya senang berbelanja di toko tradisional sekarang beralih ke minimarket modern. Diperlukan berbagai upaya dan kerja sama berbagai pihak untuk mengatasi kondisi ini. Diharapkan Pemerintah kota, Dinas perindustrian dan perdagangan serta pihak yang kompeten (Perguruan tinggi) dapat bekerja sama dalam pengembangan toko kelontong meliputi, pembenahan manajemen pengelolaan dan operasional toko dan melakukan pendampingan dan pelatihan terhadap para pelaku usaha toko kelontong. Peran pemerintah daerah sangat penting dalam memberlakukan kebijakan zonasi terkait dengan pendirian minimarket. Perlu adanya kajian lebih lanjut mengenai dampak retail modern terhadap toko kelontong terutama pada kota-kota besar. Kerjasama antara UKM dengan Toko kelontong dalam bentuk kemitraan sehingga dapat memiliki diferensiasi produk.

Kata Kunci : Toko kelontong, Minimarket, Peran PEMDA.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bisakah saya minta file jurnal dengan judul "Peningkatan Daya Saing Toko Kelontong
Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif Dalam Menghadapi
Persaingan Retail Modern"? jurnal ini sangat membantu tugas proposal skripsi saya.. terima kasih ^^

PEMBICARA mengatakan...

WORKSHOP Internet Marketing
ZERO BUDGET to UNLIMITED MARKET
Anda akan belajar (Open No LIMIT | Except AURAT) :
 Memanfaatkan Fasilitas GRATIS di Internet
 Jangan Hanya No. 1 di GOOGLE tapi di SEMUA Halaman GOOGLE
 Melakukan Riset Yang SEGMENTED dan TARGETED
Sehingga Lebih EFEKTIF dan EFISIEN
 Bagaimana Kita Memilih DISPLAY, BROSUR, IKLAN.
Dan jangan memBRANDING yang hanya banyak mengeluarkan UANG
 Membuat WARUNG ONLINE Serba GRATISAN dari si RAJA GRATISAN
 Berbagi Ilmunya Mudah Sekali
 Cocok untuk siapa saja yang Ingin Mendapat Hasil Jutaan Melalui Internet
 Sudah Banyak Buktinya
Oleh :
Ir. Agus Setiyawan, MM, Chem.Eng
(Bukan MOTIVATOR – bukan INSPIRATOR – tapi benar benar REALITOR)
Mulai untuk Beginner – Intermediate – Expert Internet Marketer
Seorang Pembicara yang juga Pelaku dan Pengamat Internet Marketing (4 tahun)
www.pembicarainternetmarketing.com
Fasilitas :
 CD Materi
 Makan Siang dan Snack
 Sertifikat
 Wi fi
 GRATIS Konsultasi Pasca Pelatihan
Hari, Tgl : Sabtu-Minggu, 23-24 April 2011
Tempat : PadangPlusResto, Jl. Depok Semarang
Pukul : 09.00-17.00
Investasi :
Rp. 750.000 (early bird s/d tgl 10 April 2011)
Rp. 850.000 ( Normal )
Pendaftaran hubungi :
Plaza Office (024) 8456618, 085 741 222 873
Pembayaran via transfer
Bank MANDIRI :
FORI SUWARGONO 136 000 973 9407